12 Kondisi Gawat Darurat Bisa Dilaporkan ke 112

By Admin JDIH Batam 04 Apr 2017, 15:42:04 WIBBerita dan Informasi

12 Kondisi Gawat Darurat Bisa Dilaporkan ke 112

Keterangan Gambar : Kepala Dinas Kominfo Kota Batam, Salim.S.Sos, M.Si


Media Center Batam - Ada 12 jenis layanan kegawatdaruratan yang ditangani Batam Siaga 112. Jenis layanan ini tertuang dalam Peraturan Walikota Batam nomor 16 tahun 2017 yang disahkan pada 13 Maret lalu.

Layanan Batam Siaga 112 ini meliputi permintaan ambulans gawat darurat, penyelamatan manusia, penanganan kebakaran, kejadian kecelakaan, tindak kriminal, hingga terorisme. Kejadian terkait bencana, hewan buas atau berbisa, pohon tumbang juga bisa dilaporkan melalui nomor tunggal panggilan darurat ini.

"Melalui 112 juga masyraakat Batam bisa melaporkan tentang kerusakan konstruksi yang timbulkan korban atau mengganggu aktivitas," kata Kepala Dinas Kominfo Kota Batam, Salim, Selasa (4/4).

Selain yang disebutkan di atas, penanganan kegawatdaruratan lain serta penanganan narkoba juga dilakukan melalui layanan ini. Karena dalam pelaksanaan penanganannya, melibatkan banyak pihak. Tak hanya organisasi perangkat daerah atau unit pelaksana teknis di Pemerintah Kota Batam, tapi juga instansi vertikal. Seperti Polresta Barelang, Badan SAR Nasional wilayah barat, Direktorat Pengamanan Badan Pengusahaan Batam, serta Badan Narkotika Nasional Kota Batam.

"Layanan Batam Siaga 112 ini juga terintegrasi dengan Palang Merah Indonesia dan badan hukum lainnya," kata dia.

Kondisi kegawatdaruratan ini bisa masyarakat laporkan 24 jam sehari dan 7 hari seminggu. Karena pemerintah telah menyiapkan 12 tenaga call taker yang bekerja dalam tiga shift.

Sumber : Media Center Batam

Mekanisme kerjanya adalah telepon yang masuk ke 112 diterima call taker. Kemudian diproses oleh supervisor untuk diteruskan ke instansi terkait sesuai jenis kegawatdaruratan. Pesan diteruskan melalui aplikasi telegram.

"Waktu yang dibutuhkan untuk meneruskan informasi dari masyarakat sampai ke tim lapangan sesuai standard operational procedure-nya adalah tiga menit. Sementara untuk penanganannya beragam, sesuai jenis kejadian gawat daruratnya," kata Salim.



Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, Google+, Linkedin dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.

Jejak Pendapat

Bagaimana Tampilan Baru Web JDIH Kota Batam Sekarang ini ?
  Sangat Jelek
  Jelek
  Biasa Saja
  Bagus
  Sangat Bagus

Komentar Terakhir

  • yani

    Mohon ijn tanyakan proses penyusunan raperda KTR? ...

    View Article